Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android dengan Sangat Mudah

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android dengan Sangat Mudah - Android menjadi smartphone paling populer sekarang ini. Jenis dan mereknya pun semakin beragam karena persaingan yang semakin ketat. Smartphone kini menjadi benda yang hampir dimiliki oleh setiap orang dan hampir menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki. Smartphone Android banyak di gunakan karena memang menyediakan banyak dukungan aplikasi dan game keren, serta memiliki banyak jenis untuk di pilih.

Smartphone Android yang banyak di gunakan oleh pengguna masyarakat sangatlah rentan terhadap birus iklan atau adware. Mungkin ini dapat terjadi karena alasan smartphone android banyak di gunakan oleh pengguna di seluruh dunia dan juga fakta bahwa sistem operasi android merupakan sistem operasi yang mudah untuk di gunakan baik itu bagi pengguna dan juga pengembang aplikasi.


Hal yang paling menjengkelkan bagi pengguna smartphone android salah satunya bila sedang beraktifitas dengan salah satu aplikasi kesukaannya tiba-tiba saja muncul iklan, padahal di aplikasi yang di jalankan tersebut sama sekali tidak menampilkan iklan.

Jenis iklan yang sering tiba-tiba muncul di layar Hp tersebut bisa di katakan sebagai virus, yang mana cara kerjanya berjalan secara terus menerus di background tanpa di ketahui pemilik ponsel kapan munculnya dan darimana asalnya.

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android


1. Periksa Device Administrators


Cek Terlebih dahulu akses administrasi android kamu di menu Setting - Security - Device - Administrators. Apabila ada aplikasi mencurigakan yang akses administrasinya aktif, segeralah matikan. Kemudian hapus aplikasi mencurigakan meminta akses administrasi tadi dan sangat di sarankan untuk Clear Data dan Cache terlebih dahulu sebelum menghapusnya.

2. Periksa Aplikasi Yang Terinstal


Periksa apakah ada aplisai terinstal yang tiba tiba muncul di android, walaupun anda tidak pernah memasangnya sama sekali, jika iya hapus aplikasi tersebut. Apabila tidak ada, coba ingat-ingat aplikasi apa yang terakhir anda instal sebelum iklan tersebut muncul. Jika sudah ingat sebaiknya copot pemasangatnya karena bisa jadi aplikasi tersebut terjangkit virus penyebab iklan popup.

3. Instal Antivirus


Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android yang selanjutnya adalah anda bisa menggunakan beberapa antivirus yang cukup terkenal seperti Internet Security, AVAST mobile security, CCleaner dan lainnya. Ingat jangan menggunakan lebih dari satu antivirud karena itu akan membuat performa smartphone anda menjadi lambat.

  • Lakukan Scanning
Scanning berguna untuk mendeteksi virus yang mingkin menempel pada smartphone android setelah anda melakukan penginstalan antivirus tersebut. Dengan melakukan scanning anda akan mengetahui kondisi smartphone yang anda miliki.

  • Uninstal Aplikasi yang Terinfeksi

Jika hasil scanning menunjukan adanya aplikasi yang terinfeksi, maka sebaiknya anda melakukan pembersihan. Jika tidak, uninstal aplikasi yang terinfeksi tersebut. Untuk melakukannya anda hanya perlu masu ke menu Pengaturan - Aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang akan anda unisntal.

4. Hapus Virus Iklan di Android dengan Safe Mode


Jika cara di atas masih belum berhasil karena virus iklan sudah menyamar sebagai aplikasi sistem. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan cara lain dengan masuk ke Safe Mode
  • Pertama masuk ke Safe Mode dengan cara menekan tombol power dan volume secara bersamaan (cara masuk ke Safe Mode untuk masing-masing smartphone berbeda-beda)
  • Setelah masuk ke safe mode anda akan menjumpai aplikasi lain yang terinstal menghilang, kecuali aplikasi sistem. Adware yang terinstal sebagai sistem akan tetap ada dan anda dapat coba menguninstalnya di Safe Mode
  • Sesudah uninstal, silahkan restart android anda

5. Lakukan Factory Reset


Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android yang terakhir adalah dengan melakukan Factory Reset. Sebelum melakukan Factory Reset sebaiknya anda berhati-hati karena melakukan factory reset akan mengakibatkan semua data yang anda miliki terhapus. Jadi sebaiknya anda melakukan back up data yang di anggap penting sebelum melakukan factory reset. Untuk melakukan factory reset anda bisa masuk ke menu Pengaturan - pilih Backup & Reset kemudian pilih Factory dan Reset, terakhir Konfirmasi dengan pilih Reset Phone dan tunggu hingga proses selesai.

Atau anda juga bisa melakukan dengan cara Matikan terlebih dahulu handphone anda dan pastikan daya baterainya masih mencukupi minimal 50%. Masuk ke Recovery Mode dengan cara, Tekan dan tahan Tombol Volume Up + Home + Tombol Power secara bersamaan sampai anda masuk ke menu recovery mode. Untuk navigasi anda bisa menggunakan tombol volume dan untuk konfirmasi pilihan gunakan tombol power. Lalu anda bisa pilih Wipe data/Factory reset. Selanjutnya pilih Delete all user data dan tunggu hingga proses wife data selesai. Tertakhir pilih Reboot System Now.

Demikianlah Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android dengan Sangat Mudah. Jangan lupa Share ke teman-teman jikan anda merasa artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung ke Osabaso.com.