9 Aplikasi Antivirus terbaik untuk android

9 Aplikasi Antivirus terbaik untuk android - Android menjadi smartphone paling populer sekarang ini. Jenis dan mereknya pun semakin beragam karena persaingan yang semakin ketat. Smartphone kini menjadi benda yang hampir dimiliki oleh setiap orang, dan hampir menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki. Anda sebagai pengguna tentu akan melindungi dan menggunakan smartphone anda dengan baik. Salah satu cara melindungi samrtphone adalah dengan memasang Antivirus untuk mencegah virus berbahaya bersarang di smartphone kesayangan anda. 

Antivirus adalah Aplikasi yang dapat melindungi perangkat dari efek segala macam virus atau malware yang merugikan. Aplikasi Antivirus ini menjadi sebuah perlindungan atau proteksi yang akan tetap menjadi salah satu software yang sangat populer bagi smartphone Android. Ada perbedaan pendapat dari penggunaan aplikasi antivirus atau anti-malware khususnya untuk smartphone Android. Sebagian orang kurang begitu percaya dengan penggunaan antivirus untuk smartphone Android, Sebagian lainnya menganggap bahwa penggunaan antivirus di Android tidaklah penting.

Aplikasi Antivirus terbaik untuk android


Antivirus terbaik untuk Android


1. AVG Android Antivirus


AVG Android Antivirus

AVG Antivirus  pada awalnya merupakan sebuah antivirus yang diperuntukkan untuk komputer, namun kini telah dikembangkan untuk para pengguna Smartphone. AVG Antivirus ini dibuat dan dikembangkan oleh AVG Mobile.  Terdapat 2 versi AVG yakni versi gratis dan berbayar. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan perlindungan yang ingin diharapkan. Mendapatkan rating 4,5 untuk versi gratis dan rating 4,7 untuk versi berbayard, AVG Antivirus cukup pantas disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi antivirus terbaik.

Fitur Aplikasi


Perlindungan:

  • Memindai aplikasi, game dan file dengan antivirus dwi-mesin dan menghapus konten berbahaya
  • Memindai ancaman berbahaya dari situs web yang anda kunjungi
  • Memindai jaringan Wi-Fi yang terenkripsi

Kinerja:

  • Memperpanjang daya tahan baterai
  • Menghentikan proses yang memperlambat Smartphone anda
  • Membersihkan file yang tidak perlu
  • Memeriksa kecepatan unduh dan unggah Wi-fi

2. Bitdefender Antivirus Free


Bitdefender Antivirus Free

Bitdefender adalah salah satu nama besar dalam bidang pengamanan digital, aplikasi antivirus yang dikenal sebagai yang terbaik, kuat, fitur lengkap dan mudah digunakan. Produk antivirusnya untuk Android sangat memuaskan. Keunggulan utama dari antivirus ini adalah tidak membebani sistem di smartphone android sehingga baterai pun tetap awet.

Keunggulan lainnya dari Antivirus ini adalah setiap aplikasi baru yang anda diunduh akan langsung di-scan. Dan juga antivirus ini langsung bisa digunakan begitu proses install selesai tanpa perlu ada pengaturan tambahan.

3. 360 Security

360 Security


360 Security dibuat dan dikembangkan oleh 360 Mobile Security Limited. 360 Security adalah salah satu aplikasi antivirus terbaik yang fokus dan tegas pada pendeteksian dan menghilangkan ancaman terkena virus untuk sistem smartphone android. Reputasi aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk Android cukup disegani dengan 100jt download dan rating 4.6 di Google Play Store.

Selain memberikan perlindungan tinggi pada smartphone anda, aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk menghapus file sampah yang masih tersisa di ponsel Android. Keunggulan lainnya seperti App Locking, Memory Booster hingga Battery Saver juga diberikan kepada Anda secara cuma-cuma. Menariknya, meski disediakan secara gratis, tidak ada iklan di aplikasi ini sehingga membuatnya tetap nyaman untuk digunakan.

4. Security Master - Antivirus, VPN, AppLock, Booster


Security Master - Antivirus, VPN, AppLock, Booster

Security Master adalah aplikasi antivirus produksi Cheetah Mobile (CM), salah satu pengembang populer yang menciptakan beragam software yang pun populer di pasaran. Antivirus ini disebut-sebut sebagai Antivirus Terbaik untuk Android dan Paling Ringan saat ini. Antivirus yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile ini sudah didownload oleh 500 juta pemakai Android dan mempunyai review positif sejumlah 19juta pemakai dan mempunyai rating 4.7 di Google Play Store. Aplikasi ini perlu anda coba gunakan untuk meningkatkan keamanan smartphone Android anda, apalagi semua fitur yang diberikan di dalam aplikasi ini bisa anda manfaatkan dengan gratis sepenuhnya.

5. Avast Mobile Security


Avast Mobile Security

Antivirus ini sudah tidak perlu diragukan lagi sebab Avast sendiri sudah mempunyai nama besar dalam bidang antivirus.  Salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk android yang satu ini juga telah di download sekitar 100 juta pengguna dengan rating 4.5 di Google Play Store. Aplikasi Antivirus Avast akan memberikan perlindungan maksimal bagi penggunanya. Dalam versi gratis, anda akan mendapatkan tambahan fasilitas call blocking, firewall, dan bahkan sistem anti pencurian. 

Sayangnya, versi gratis ini ada iklannya. Jika anda terganggu dengan iklan, lebih baik anda mengeluarkan sedikit uang untuk membeli versi premium. Dalam versi premium, penggunanya akan mendapatkan fasilitas in-app locking yang membuat Android anda meminta PIN saat membuka aplikasi tertentu. Hal ini berguna untuk mencegah malware membuka aplikasi secara otomatis.

6. ESET Mobile Security


ESET Mobile Security

ESET Mobile Security adalah aplikasi antivirus dan antimalware yang cepat dan kuat yang melindungi Smartphone atau tablet Android Anda. ESET Mobile Security merupakan salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk android  saat ini dan sudah di unduh 10jt kali dan mendapatkan rating pengguna 4.7 di Google Play Store. 

Sayangnya, aplikasi ini berbayar, namun pengguna akan mendapatkan free trial selama 30 hari untuk mencoba semua fitur Premium. ESET Mobile Security memiliki fitur-fitur unggulan seperti
  • Pengaturan yang mudah dan langkah-langkah yang sederhana.
  • Dapat langsung memeriksa sesuatu yang mencurigakan seperti malware
  • Tak perlu takut saat mengunjungi situs web yang  tidak aman, karena ESET Mobile Security mempunyai Anti-phishing yang akan melindungi Smartphone anda.
  • Saat Smartphone anda yang hilang atau dicuri. Anda bisa mengirim SMS dan langsung mendapatkan lokasi GPS-nya

7. McAfee Mobile Security


McAfee Mobile Security

McAfee Mobile Security adalah aplikasi antivirus dengan berbagai penghargaan beberapa tahun terakhir. Di tahun 2017 sendiri, McAfee telah sukses meraih penghargaan USA Silver Award dan juga Certified Android Security Product.

Antivirus ini mempunyai kemampuan mendeteksi kebocoran data penting dan otomatis menguncinya. Selain itu, anda akan terlindung dari situs web berbahaya serta sms dan telepon yang mengganggu karena di lindungi oleh antivirus ini. Fitur anti pencuriannya bahkan bisa memotret pencurinya.

McAffe Security Booster selain dijadikan sebagai software antivirus juga mengoptimalkan/optimasi performa dan kinerja pada ponsel. Terdapat fitur-fitur unggulan yang bisa anda dapatkan, yaitu Battery Optimizer, Safe Web Surfing, Storage Clean-Up, Wi-Fi Security, Memory Clean Up, Device Lock dan masih banyak lagi.

8. Malwarebytes Security


Malwarebytes Security

Setelah sebelumnya cukup sukses sebagai salah satu antivirus untuk komputer, sekarang Malwarebytes Security hadir untuk melindungi Smartphone. Dengan rating mencapai 4,3 dan sudah di unduh sebanyak 10jt kali di Google Playstore. Malwarebytes Security memiliki fitur-fitur unggulan seperti:
  • Memeriksa ransomware, malware dan file sampah dengan detektor serta mengaktifkan perlindungan dan pemindaian virus sebelum virus tersebut dapat menginfeksi ponsel Anda
  • Memindai aplikasi ketika melihat kode berbahaya, Program yang Mungkin Tidak Diinginkan (PUPs) dan bahkan adware untuk menjaga Android anda berjalan lancar.
  • Mendeteksi tautan berbahaya dalam teks apa pun termasuk email, layanan seluler messenger seperti Facebook, WhatsApp atau situs web.

9. Avira Antivirus Security


Avira Antivirus Security

Selain merupakan antivirus untuk PC/notebook, Avira juga menyediakan antivirus untuk Smartphone Android. Kelebihan antivirus ini dari yang lain adalah mampu melakukan scan untuk external storage seperti SD Card. Bukan hanya itu, antivirus ini melindungi anda dari kebocoran data pribadi. Dengan identity safeguard, antivirus ini akan mengontrol terus menerus kontak dalam email anda.

Itulah beberapa Antivirus terbaik untuk android yang bisa anda unduh langsung di Google Play Store. Lindungi ponsel Anda dari sekarang sebelum virus atau malware membuat Anda kehilangan data-data penting.