5 Trik Android yang Wajib kamu ketahui

5 Trik Android yang Wajib kamu ketahui - Sistem operasi android memang diciptakan sebagai sistem operasi bagi ponsel pintar dengan segala kecanggihan dan kemudahannya. Makanya, akan sangat sia-sia kalau anda punya ponsel android tapi nggak dimanfaatkan secara maksimal.

Saat ini hampir semua orang sudah menggunakan Smartphone. Apalagi ponsel pintar yang memakai sistem operasi Android, bahkan anak kecil pun sudah sangat lihai menggunakannya.

Sistem operasi tersebut memang sangat mudah digunakan. Selain karena memang penggunaannya cukup simpel, banyak fitur menarik yang bisa membantu keseharian penggunanya.

Trik Android yang Wajib kamu ketahui



1. Game rahasia di ponsel Android


Sebenarnya fitur ini sudah lama ada di android. Tepatnya sejak android 2.3 Gingerbread diluncurkan, Google selalu menyisipkan game rahasia yang bisa di mainkan.

Langkah pertama untuk mengaksesnya adalah masuk ke Setting dan pilih About Phone, lalu tap di bagian versi Android berkali-kali hingga muncul gambar versi Android. Klik ikon tersebut untuk mulai memainkan game rahasia tersebut.

2. Mengaktifkan notifikasi ponsel langsung di layar PC


Bagi anda yang sering menghabiskan waktu di depan PC, alangkah baiknya alangkah baiknya anda menggunakan fitur yang satu ini. Trik android ini berguna untuk menampilkan notifikasi yang masuk ke ponsel anda di layar computer.

Hal ini sangat berguna agar anda tidak bulak balik cek ponsel anda. Cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah anda harus meng Install aplikasi Pushbullet di PC dan langsung sinkronkan dengan ponsel android yang anda miliki.

3. Mengatur silent untuk notifikasi tertentu


Pengguna android versi Lollipop bisa mengatur silent untuk notifikasi tertentu sementara beberapa notifikasi lain tetap dinyalakan. Fitur ini dinamakan Priority Notification.

Caranya untuk mengaktifkannya langsung ke setting kemudian pilih Sound & Notification, dan klik Do Not Disturb dan pilih Priority Only Allows. Selanjutnya tinggal mengatur notifikasi apa saja yang kamu prioritaskan.

Sedangkan pada versi yang lebih baru yaitu android Marshmallow fitur ini dinamakan Do Not Disturb yang bisa kamu atur melalui Quick Setting pada Notification Drawer.

4. Mode satu tangan


Bagi para pemilik jari jemari yang kecil dan pendek, pasti suka kesulitan saat mengetik dengan satu tangan menggunakan ponsel android yang layarnya lebar. Tenang, ada fitur one handed mode atau mode satu tangan.

Caranya anda harus terapkan Google Keyboard sebagai papan ketik utama di ponsel android anda. Setelah itu, ketika mengetik tekanlah tombol koma, atau tombol emoji agak lama. Maka tombol keyboard yang lebih ‘ramah’ dan mudah dijangkau dengan satu tangan pun akan muncul.

5. Mode Twilight, untuk melindungi mata dari cahaya ponsel


Generasi millenials memang tidak bisa lepas dari ponsel pintar. Menatap layar seharian bisa berbahaya buat kesehatan mata. Anda perlu aplikasi Twilight yang bisa anda unduh gratis.

Dengan mengaktifkan mode Twilight, layar ponsel akan lebih nyaman buat mata. Anda juga bisa mengatur tingkat redupnya dan mengaktifkannya secara otomatis.