Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti di android

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti - Google Play Store adalah layanan konten digital yang dimiliki oleh Google untuk produk seperti buku, musik, aplikasi, ataupun game yang anda perlukan, layanan google play store dapat diakses melalui web, aplikasi Android dan Google TV. Di dalam Google Play Store anda dapat membeli musik, buku, aplikasi, dan game, bahkan anda dapat mendownloadnya secara gratis tergantung.

Masalah yang terjadi adalah ketika anda mengakses google play store di smartphone android. Terkadang ada beberapa pengguna yang mengalami hal menyebalkan saat mengakses, seperti Google Play Store terhenti secara tiba-tiba. Hal semacam ini tentu membuat jengkel para pengguna, terlebih lagi jika anda sedang membutukan sebuah aplikasi dan harus segera mendowndloadnya. Masalah tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti akses internet, masalah terjadi diponsel anda, ataupun akun email yang terdaftar di google play store mengalami masalah.

Untuk cara mengatasi Google Play Store Terhenti, berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat mengatasi masalah tersebut.


1. Pastikan masalah bukan dari Google itu sendiri


Sebelum anda mencoba mengatasi masalah tersebut, pastikan tidak terjadi gangguan di aplikasi Google Play Store. Anda bisa mengecek melalui DOWNDETECTOR, jika banyak orang yang mengalami masalah yang sama, itu berarti sedang terjadi masalah server sementara, anda hanya perlu bersabar dan menunggu sampai perbaikan masalah selesai dilakukan.

2. Tutup paksa Aplikasi Google Play Store


Jika smartphone anda bekerja terlalu berlebihan dengan membuka banyak aplikasi sekaligus, mungkin akan ada beberapa aplikasi yang nge’hang, mungkin saja ini terjadi pada aplikasi google play store yang sedang anda gunakan, cobalah untuk menutupnya secara paksa. hal ini sangat mudah untuk dilakukan, anda hanya perlu membuka Setelan atau Pengaturan > pilih Manajer Aplikasi > lalu temukan aplikasi Google Play Store > terakhir tekan Paksa Berhenti dan konfirmasi perintah dengan menekan Ok Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar dibawah.

cara mengatasi google play store terhenti
 

3. Aktifakn mode pesawat terbang


Saya sendiri tidak yakin dengan cara ini. Tapi setelah membaca dari beberapa situs web tentang cara mengatasi  google play store terhenti ini banyak yang menyarankan untuk mengaktifkan mode pesawat terbang. Cara ini mungkin seperti mematikan jaringan internet dan mengidupkannya kemnali.

Untuk melakukan cara ini anda hanya perlu masuk ke menu Setelan atau Pengaturan > masuk ke pengatuan Jaringan > kemudian aktifkan mode Pesawat Terbang, tunggu beberapa menit kemudian nonaktikan kembali. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah

cara mengatasi google play store terhenti
 

4. Matikan jaringan jaringan Internet


Seperti beberapa poin diatas, jika ponsel bekerja terlalu berlebihan mungkin akses internet anda akan mengalami nge’hang. Jika ini terjadi anda hanya perlu menonaktikannya dan tunggu beberapa menit lalu aktifkan kembali, ini sama seperti mengaktifkan mode pesawat terbang yang telah dibahas diatas.

5. Restart ponsel anda


Melakukan restart perlu dilakukan untuk mengistirahatkan ponsel anda. Terkadang kita sering lupa untuk mengistirahatkan ponsel, padahal ini perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kinerja ponsel anda. Dan hal ini juga berguna untuk menyegarkan ponsel, dan mengatasi masalah-masalah sepele seperti yang sedang dibahas saat ini.

6. Hapus cache Google Play Store


Cache adalah hal yang sangat berguna, dengan menyimpan cache di penyimpanan lokal perangkat anda bisa mengurangi penggunaan data dan mempercepat proses loading saat mengakse internet. Yang jadi masalah adalah ketika cache terlalu menumpuk di penyimpanan perangkat, maka dari itu sebaiknya anda menghapus cache dari waktu ke waktu.

Untuk menghapus cache Google Play Store anda hanya perlu membuka Setelan atau Pengaturan > pilih Manajer Aplikasi > lalu temukan aplikasi Google Play Store > terakhir Hapus Cache atau Hapus Memori Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah

cara mengatasi google play store terhenti
 

7. Hapus data Google PlayStore


Jika menghapus Cache tidak cukup, anda bisa melanjutkan dengan menghapus data google play store. Tapi, opsi ini akan menghapus seluruh data yang ada di aplikasi google play store anda, termasuk email log in yang pernah anda masukan.

Untuk melakukannya sama seperti cara menghapus cache diatas anda hanya perlu membuka Setelan atau Pengaturan > pilih Manajer Aplikasi > lalu temukan aplikasi Google Play Store > dan terakhir pilih Hapus Data dan konfirmasi perintah dengan menekan Ok. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah

cara mengatasi google play store terhenti
 

8. Periksa pengaturan Tanggal dan Waktu


Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi sering terjadi aplikasi tidak bisa digunakan hanya karena waktu dan tanggal tidak sesuai, bahkan akses internet kadang tidak bisa digunakan. Maka dari itu sebaiknya anda menyetel pengaturan tanggal dan waktu secara otomatis untuk mengindari masalah tersebut.

9. Hapus akun Gmail dan masukan kembali


Cara ini sangat mungkin untuk dilakukan, karena bisa saja terjadi masalah log in email google play store. Tapi sebelum melakukan cara ini pastikan anda mengetahu password atau kata sandi email yang akan anda hapus.
 

10. Uninstal update Google Play Store


Jika semua cara diatas tidak berhasil, mungkin anda perlu mencoba cara mengatasi google play store terhenti yang satu ini. Besar kemungkinan update terbaru pada aplikasi Google play store tidak cocok dengan perangkat anda.

Langkah untuk melakukannya mirip dengan langkah menghapus cache dan menghapus data google playstore, anda hanya perlu membuka Setelan atau Pengaturan > pilih Manajer Aplikasi > lalu temukan aplikasi Google Play Store > terakhir tekan Hapus Instalan Pembaruan dan konfirmasi perintah dengan menekan Ok. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah

cara mengatasi google play store terhenti

 

11. Factory Reset perangkat 


Jika anda sudah melakukan semua cara diatas dan masih tidak berhasil, langkah terakhir adalah melakukan reset pabrik perangkat smartphone anda. Dengan melakukan cara ini  perangkat smartphone anda akan kembali ke setelan awal, sama seperti saat anda pertama kali membeli baru perangkat smartphone tersebut.

Untuk cara mengatasi Google Play Store terhenti secara tiba-tiba, sebenarnya masih banyak kemungkinan cara yang bisa dilakukan. Jika cara diatas tidak berhasil sebaiknya bawa ponsel ke servis center, besar kemungkinan ada bagian dari ponsel yang mengalami kerusakan.