Tips Hindari Ponsel Android Dari Virus Berbahaya

Tips Hindari Ponsel Android Dari Virus Berbahaya - Smartphone Android merupakan perangkat yang paling banyak di gunakan saat ini. Ada banyak sekali manfaat yang dapat di peroleh dengan menggunakan Smartphone Android. Tapi bagi anda yang menggunakan android tentunya harus berhati-hati terharap virus yang mengancam smartphone anda.

Layarknya seperti computer, Smarphone Android juga sangat beresiko terkena virus. Virus ini akan menyebabkan menghilangkan data di ponsel android anda dan membuat ponsel android anda tidak dapat di gunakan secara normal, atau bahakan bisa membuat ponsel anda mati total. Oleh sebab itu anda harus menjaga dengan baik ponsel android anda agar tidak mudah terkena virus.


Smartphone Android juga memiliki banyak pilihan tenta aplikasi yang dapat di gunakan, hal ini dapat di lihat di Google Play Store, dimana google play store ini adalah market dari sekian banyaknya aplikasi yang dapat di gunakan di ponsel android. Setiap orang yang memiliki ponsel android tentu pernah berkunjung ke google play store untuk mencari atau mengunduh sebuah aplikasi yang mereka butuhkan. Salah satu penyebab ponsel android terkena virus adalah kita sering mendownload aplikasi yang abal-abal atau kurang di percaya, oleh karena itu untuk mendownload aplikasi sebaiknya lakukanlah di Google Play Store untuk menghindari virus atau malware.

Maka berhati-hatilah saat menggunakan ponsel android anda terutama saat menjelajah dunia, karena kemungkinan besar virus yang menempel di ponsel android anda dating pada saat menjelajah internet. Selain hati-hati kita juga di tuntut cerdas mengenali ancaman virus, untuk itu berikut beberapa Tips Hindari Ponsel Android Dari Virus Berbahaya :

1. Akses ke Aplikasi
Meskipun anda mengunduh aplikasi dari Google Play Store, anda tetap harus waspada. Pasalnya, masih ada banyak aplikasi yang di program untuk memata-matai (spyware)
Untuk itu saat memasang aplikasi perhatikan Permission Access yang muncul saat anda ingin mengunguh aplikasi dari manapun sumbernya. Jika terdapat permintaan ijin ke tool yang mencurigakan sebaiknya anda langsung membatalkan unduhan.

2. Pakai Antivirus Terbaru
Biasanya para pengguna smartphone malas untuk memasang antivirus karena takut lemot. Memasang antivirus memang penting untuk di lakukan. Meski ada resikonya, tetapi yang perlu di ingat pasang lah antivirus versi terbaru agar fungsinya lebih maksimal. Ada banyak antivirus untuk android, misalnya dari VGA, Kaspersky, Norton dan bahkan Avast. Sebaiknya pakailah antivirus hanya dari vendor ternama tersebut, dari[ada sekedar gratis dari sumber tak terpercaya namun akhirnya malah menyebarkan virus di ponsel android anda.

3. Hati-Hati Saat Menggunakan Wifi Publik
Semua orang pasti senang jika mendapatkan akses internet gratis. Tapi perlu anda ketahui bahwa tidak semua sambungan Wifi itu aman, karena Wifi sangat sering di gunakan oleh peretas untuk masuk ke dalam system perangkat. Untuk itu pastikan terlebih dulu koneksi Wifi public sebelung anda menggunakannya dan sebaiknya anda mensetting koneksi Wifi anda menjadi OFF untuk menghindari otomatis tersambung ke jaringan Wifi yang berbahaya.

4. Update Sistem Operasi Anda
Pabrikan smartphone biasanya merilis system operasi versi terbaru secara berkala. Suka atau tidak suka, anda perlu perlindungan yang lebih optimal. Hal ini dapat anda rasakan lewat pembaruan (update) system operasi. Pembaruan system operasi tidak memakan waktu yang lama.

5. Manfaatkan Aplikasi Pihak Ke Tiga
Maksud dari memanfaatkan aplikasi pihak ke tiga ini adalah memanfaatkan aplikasi yang dapat mencegah masuknya virus ke ponsel android anda. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mencegah agar ponsel android anda tidak terkena virus. Anda dapat mendownloadnya di Google Play Store.

6. Hindari Aplikasi Bajakan
Cara untuk menghindari aplikasi bajakna ini anda dapat memilih developer yang sudah terpercaya. Biasanya aplikasi bajakan menawarkan kapasitas yang rendah untuk di unduh serta aplikasinya tidak berbayar atau gratis. Untuk lebih amannya sebaiknya anda mendownload aplikasi hanya di google play store yang sudah tersedia di ponsel android anda.

7. Setting Keamanan di Perangkat Android Anda
Agar ponsel android anda tidak terkena virus secara langsung adalah dengan cara men setting keamanan si ponsel android anda secara maksimal. Cara ini dapat anda lakukan dengan cara masuk ke menu Setting atau pengaturan keamanan, lalu centang pada bagian Verify apps. ini di lakukan untuk mencegah aplikasi dari sumber yang tidak di kenal.

8. Hindari Aplikasi Yang Meminta Data Pribadi
Aplikasi yang membawa virus biasanya sangat mencurigakan dan berbeda dengan aplikasi yang biasa di download. Aplikasi yang berbahaya biasanya membutuhkan akses data pribadi, hal ini sudah tergolong sangat mencurigakan. Untuk itu jika anda mengunguh aplikasi dan aplikasi tersebut meminta data pribadi anda, sebaiknya anda hindari dan langsung menghentikan unduhan.

Itulah beberapa Tips Hindari Ponsel Android Dari Virus Berbahaya. Gunakanlah smartphone anda dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Hindari Ponsel Android Dari Virus Berbahaya"

Post a Comment